Kamis, 21 November 2013

Motivasi Diri

Posted by Hafara Production On Kamis, November 21, 2013 | No comments

Apa itu motivasi diri ?

Motivasi diri ialah suatu pendekatan terhadap diri sendiri dengan tujuan mendorong diri sendiri secara sadar maupun tidak sadar untuk melakukan tindakan atau perbuatan dengan tujuan tertentu dalam diri pribadi. Atau suatu usaha yang dapat menyebabkan diri pribadi maupun orang lain tergerak untuk melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendaki atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya.



Apakah motivasi itu penting ?
Motivasi itu sangatlah penting, karena berfungsi sebagai penggerak atau pendorong untuk melakukan sesuatu tindakan demi meraih kepuasan atau sesuatu yang dikehendakinya.

Sudahkah anda memotivasi diri anda ?
Sejati setiap manusia telah memotivasi dirinya sendiri,, buktinya adalah pergerakan. Pergerakan-pergerakan yang Anda lakukan dengan dasar ingin mencapi sesuatu yang anda kehendaki ataupun mendapatkan kepuasan. Sebagian orang merngatakan motivasi itu hampir menyerupai niat, tetapi ada juga yang mengatakan bahwa niat itu timbul karena adanya motivasi, atau ada juga yang mengatakan motivasi itu adalah niat. Kita kembali lagi, sebenarnya antara motivasi dan niat itu saling berikatan, dan niat akan muncul ketika adanya motivasi. 

Cukupkah motivasi diri anda ?
Pernahkan anda bertanya dalam diri anda "Kenapa" , "Mengapa" , "Bagaimana" ,dan "Apa" kekurangan anda, sehingga anda pernah,sering,ataupun selalu mengalami kegagalan. Ada 3 bentuk kegagalan dalam kehidupan :
  1. Kegagalan fatal : Orang yang melakukan sesuatu yang mana dihari sebelumnya Ia sudah pernah melakukan , namun di hari selanjutnya Ia melakukan hal yang sama dengan hasil yang kurang memuaskan dari hari sebelumnya.
  2. Kegagalan merugi : Orang yang melakukan sesuatu yang mana di hari sebelumnya Ia sudah pernah melakukan , namun di hari selanjutnya Ia melakukan hal yang sama dengan hasil yang sama dengan hari sebelumnya.
  3. Kegagalan untuk menggagalkan : Orang yang melakukan sesuatu yang mana di hari sebelumnya Ia pernah melakukan  , namun di hari selanjutnya Ia mencoba mengubah ataupun mengkreasikan hasil yang dilakukannya di hari sebelumnya , namun Ia mengalami permasalahan ataupun ketidakpuasan.
  4. Kegagalan yang gagal : Orang yang melakukan sesuatu yang mana di hari sebelumnya Ia sudah pernah melakukan , namun di hari selanjutnya Ia mencoba mengubah ataupun mengkreasikan hasil yang dilakukannya di hari sebelumnya sehingga hasil di hari selanjutnya Ia memperoleh sesuatu yang memuaskan.
 Keempat kegagalan itu sebetulnya bisa terjadi karena kondisi kecukupan motivasi dalam diri anda. Mari kita simak kasus berikut ini ;
 
Kasus 1
"Ada orang yang semangat pada saat bekerja, namun itupun bila ada ajakan ataupun peluang di depan mata, dan jika tidak ada maka dia hanya duduk-duduk saja atau bersantai"

Kasus 2
"Ada orang yang kerja dari pagi sampai sore, namun setelah menjelang malam dia hanya duduk-duduk dan menonton TV atau bersantai"

Kasus 3
"Ada orang yang bekerja dari pagi hingga sore , dan ketika malam dia belajar lagi untuk memperbaiki kesalahan, namun di keesokan harinya dia takut/lupa/enggan untuk melakukan sesuatu yang diperbaikinya pada malam hari"

Kasus 4
"Ada orang yang bekerja dari pagi hingga sore, dan ketika malam dia belajar lagi untuk memperbaiki kesalahan, serta di keesokan harinya dia berani untuk bekerja lebih baik dari sebelumnya"

Nah, dari kasus-kasus itu mungkin anda bisa mngukur sendiri seberapa cukup motivasi dalam diri anda.


0 komentar:

Posting Komentar

Riau24 - Berita

Social Networks

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu _____ Selamat datang di situs Hafara Institute. Sebuah ruang yang menyediakan materi-materi management, khususnya bagi program pasca sarjana S2 Magister Management. Dengan narasumber : Mr. Muhammad Syahrullah, SE, MM . Selamat membaca, semoga mendapatkan sesuatu yang bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungan Anda _____ Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Total Tayangan Halaman

News24xx.com

About