Kamis, 21 November 2013

LIBURAN PUAS KE FLORES ,NIKMATI KEHIDUPAN ALA KOMODO

Posted by Hafara Production On Kamis, November 21, 2013 | No comments

Setelah tahu destinasi wisata di Flores, kini waktunya berhitung. Berapa kira-kira budget yang harus disiapkan untuk liburan di Flores, mulai dari snorkling sampai bertemu komodo? Berikut rinciannya!

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencapai Pulau Flores antara lain dengan jalur darat atau jalur udara. Jika dengan jalur udara, tersedia maskapai seperti Merpati Airlines, Lion Air, dan Garuda Indonesia yang melayani rute-rute di sini. Harga untuk tiket pulang pergi adalah sekitar Rp 2,2 juta dan untuk sekali jalan sekitar Rp 1,7 juta.

Jika ingin menekan budget sekaligus bertualang, Anda bisa mencoba jalur darat. Ada banyak sekali cara yang bisa dilalui seperti naik kereta yang kemudian dilanjutkan dengan naik bis serta kapal ferry. Hafara Travel, Kamis (6/10/2012) menyusun rincian perjalanan lengkap dengan semua harga akomodasi. Agar lebih mudah dan nyaman, ada baiknya Anda naik bus jurusan Jakarta-Bima yang tersedia di terminal besar di Ibukota. Bis yang melayani rute tersebut antara lain Safari Dharma Raya, Rasa Sayang dan Dunia Mas.


 
Harga rata-rata untuk rute tersebut adalah Rp 450 ribu. Sudah termasuk 6 kali makan prasmanan. Lamanya perjalanan dari Jakarta-Bima bisa mencapai 3,5 hari. Setelah sampai di Bima, Sumbawa, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal ferry hingga Labuan Bajo. Waktu perjalanan menghabiskan waktu sekitar 6 jam. Harga tiket Bima-Labuan Bajo sekitar Rp 50 ribu.


Setelah 4 hari berada di jalan, akhirnya Anda sampai di Labuan Bajo. Kota pelabuhan ini merupakan awal dari petualangan Anda. Ada beberapa penginapan murah yang tersebar tidak jauh dari pelabuhan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 150 ribu per malam. Untuk sekali makan di sini, akan menghabiskan sekitar Rp 20 ribu sudah termasuk minum.

Labuan Bajo merupakan pintu gerbang menuju pulau-pulau eksotis yang jadi rumah para naga purba atau komodo. Anda butuh menyewa kapal untuk mencapai pulau-pulau tersebut. Harga sewa per kapal per hari mulai dari Rp 2 juta hingga puluhan juta, tergantung kapasitas dan kecepatan kapal tersebut. Untuk menekan budget sewa kapal, Anda bisa mencari wisatawan lain untuk diajak trip ke pulau-pulau tersebut. Sebuah kapal dengan harga sewa sekitar Rp 2 juta mampu menampung hingga 5 orang.




Saat trip dari pulau ke pulau, akan memakan waktu seharian. Jadi jangan lupa untuk membawa bekal makanan yang cukup untuk seharian. Pulau Rinca dan Pulau Komodo tak hanya untuk trekking dan bertemu komodo, namun juga untuk snorkeling dan diving. Jangan lupa untuk menyewa alat diving dan snorkeling ya! Harga sewa alat snorkeling Rp 75 ribu seharian, sedangkan untuk menyewa alat diving adalah mulai Rp 2 juta per hari. Tak sulit menemukan toko penyewaan di sekitar Labuan Bajo. Salah satu toko yang bisa didatangi adalah Bajo Dive.

Setelah mengarungi laut, bertemu komodo, snorkeling di air jernih dan menunggu sunset di tengah laut, kini saatnya istirahat dan menyiapkan tenaga untuk pindah kabupaten esok hari. Tujuan wisata selanjutnya adalah Kota Bajawa di selatan NTT. Di sana ada Desa Bena yang memiliki situs peninggalan megalitikum dan komplek rumah adat di tengah hutan. Selain itu, ada Desa Cancar yang memiliki sawah berpola jaring laba-laba yang bentuknya seperti crop circle. Dibutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk mencapai Bajawa dengan menggunakan bus umum yang bertarif sekitar 100 ribu.

Karena sering didatangi wisatawan, kawasan ini cukup bersahabat untuk para turis. Tersedia beberapa penginapan dengan jenis fasilitas yang berbeda. Harga kamar per kamar di penginapan sederhana berkisar Rp 150 ribu. Salah satu penginapan yang bisa dijadikan tempat bermalam di sana adalah Guesthouse Eidelweiss. Setelah puas menjelajah Bajawa sehari semalam, kini saatnya melanjutkan perjalanan ke Moni. Di Moni, Anda bisa menunggu mentari terbit di danau tiga warna yang bernama Danau Kelimutu.

Dibutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk mencapai Moni yang terletak di timur Ende, Flores tengah. Anda bisa berangkat siang dari Banjawa agar bisa sampai pada sore hari di Moni. Ada beberapa bus yang melayani rute Banjawa-Moni dengan harga yang berkisar mulai dari Rp 80 ribu. Tersedia penginapan dengan harga mulai dari Rp 100 ribu di Moni. Setelah menemukan penginapan, pastikan Anda sudah mendapat motor sewaan untuk menuju Danau Kelimutu.



Matahari terbit adalah salah satu atraksi yang ditunggu-tunggu para wisatawan yang melancong ke sana. Berangkat pukul 03.30 Wita, waktu perjalanan menuju kaki Gunung Kelimutu akan berkisar 30 menit. Belum ada angkutan umum yang beroperasi sepagi itu, maka dibutuhkan motor atau mobil sewaan ke sana. Harga motor sewaan menuju sana adalah Rp 30 ribu. Dibutuhkan Rp 3 ribu untuk masuk ke dalam kawasan Danau Kelimutu.

Setelah puas menikmati kecantikan matahari terbit dan 3 warna cantik di kawah Kelimutu, kini saatnya kembali ke Ende dan menunggu penerbangan pulang. Angkutan umum dari Moni ke Ende akan menghabiskan uang sekitar Rp 25 ribu dengan jarak tempuh sekitar 1 jam. Ada beberapa maskapai yang melayani rute Ende-Jakarta dengan transit di Kupang dan Bali. Garuda Indonesia, Lion Air dan Merpati adalah beberapa maskapai yang bisa dijadikan pilihan. Harga satu kali perjalanan mulai dari Rp 1,7 juta.

Rincian:
Hari 1-4
Bus Jakarta-Bima Rp 450.000
Kapal Ferry Bima-Labuan Bajo Rp 50.000

Hari 5-6
Penginapan di Labuan Bajo selama 2 hari Rp 300.000
Makan (6 kali) @ Rp 20.000 = Rp 180.000
Sewa alat snorkeling Rp 75.000
Sewa kapal (jika dibagi ber-5) Rp 400.000 per orang
Bus Labuan Bajo-Banjawa Rp 100.000

Hari 7
Penginapan di Bajawa Rp 100.000
Makan (3 kali) @ Rp 20.000 = Rp 60.000
Akomodasi ke Desa Bena dan spideweb Rp 50.000
Bus dari Bajawa-Moni Rp 80.000

Hari 8
Penginapan di Moni Rp 100.000
Makan (2 kali) @ Rp 20.000 = Rp 40.000
Sewa motor di Moni Rp 30.000
Tiket masuk ke Danau Kelimutu Rp 3.000
Bus dari Moni ke Ende Rp 25.000
Pesawat Ende-Jakarta Rp 1,7 juta

Total: Rp 3.743.000

Nah, angka ini tidak mutlak begitu jumlahnya dan masih bisa diutak-atik lagi menjadi lebih murah. Anda mungkin bisa menukar atau mengurangi itenerary yang disebutkan di atas sesuai selera Anda. Itenerary ini semoga bisa memberikan gambaran awal. Selebihnya, Anda bisa susun sendiri agenda perjalanan dengan budget yang cocok di kantung Anda.

Selamat bertualang!


0 komentar:

Posting Komentar

Riau24 - Berita

Social Networks

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu _____ Selamat datang di situs Hafara Institute. Sebuah ruang yang menyediakan materi-materi management, khususnya bagi program pasca sarjana S2 Magister Management. Dengan narasumber : Mr. Muhammad Syahrullah, SE, MM . Selamat membaca, semoga mendapatkan sesuatu yang bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungan Anda _____ Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Total Tayangan Halaman

News24xx.com

About