Kamis, 21 November 2013

KALIMANTAN TIMUR

Posted by Hafara Production On Kamis, November 21, 2013 | No comments
 Sejarah singkat Kalimantan Timur
Kalimantan Timur mempunyai sejarah yang berbeda dengan propinsi – propinsi lainnya di Negara Republik Indonesia. Sejarah tersebut antara lain adanya kerajaan yang tertua pada abad ke - VI yaitu kerajaan Mulawarman Nala Dewa. Turunan Raja Mulawarman dapat berlanjut sampai dengan Raja ke – 25 yang bernama Maharaja Derma Setia pada abad ke - XII  dengan nama Kerajaan Kutai Ing Martapura.

            Menjelang kepudaran kerajaan tersebut, telah berdiri beberapa kerajaan di Kalimantan Timur, yang dimulai dengan kerajaan Kutai Kartanegara, kerajaan Berau, kerajaan Bulungan dan kerajaan Pasir. Semua kerajaan tersebut memerintah di wilayahnya masing – masing tanpa ada peperangan antara mereka, hingga masuk belanda dan mulai menjajah Kalimantan Timurt ini pada tahun 1844, demikian pula ketika Jepang menjajah wilayah ini pada tahun 1941 – 1945. Pada masa perjuangan fisik, tahun 1945 – 1949 rakyat juga tururt bergerak untuk mempertahankan kemerdekaan yang puncaknya pada peristiwa sanga- sanga sekitar January 1947 )

            Setelah mengalami masa-masa perubahan system pemerintahan dari bentuk kerajaan menjadi daerah istimewa tahun 1956, dan akhirnya menjadi Kabupaten tahun 1960, yaitu Kabupaten Kutai, Kabupaten Berau, Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Pasir ditambah dengan KotaPraja Samarinda dan Balikpapan. Semua daerah kabupaten / KotaPraja tersebut dibawah naungan Propinsi Kalimantan Timur tepat pada bulan January 1957. 
"hems,,,,, jd ngin tau kisah selanjutnya,,,,, ok,,, enaknya kita langsung temui aja penduduk asli Kalimantan Timur,,,hehehehehehhe,,,,,"
ok,,, untuk harga tiket ke pulau terbesar di Indonesia tercinta ini bisa anda liat di Garuda Indonesia / Lion Air / Sriwijaya / bisa liat disini .


suku asli Kalimantan Timur
Kalimantan Timur memiliki beberapa macam suku bangsa. selama ini yang dikenal oleh masyarakat luas, padahal selain dayak ada 1 suku yang juga memegang peranan penting di Kaltim yaitu suku Kutai.
"dulu memang terjadi peperangan besar antara suku dayak dan madura,,,,tetapi bwt para wisatawan tidak usah kuatir,,,smua sudah damai,,alangkah indahnya smua suku di Indonesia tercinta ini saling hidup rukun tanpa perselisihan,,,kalau orang Jogja bilang RUKUN AGAWE SANTOSO,,,heheheheh "
Pulau Kumala
Pulau ini berasal dari delta sungai Mahakam dan terletak di tengah sungai Mahakam. Untuk ke Pulau Kumala dapat naik perahu kecil dengan biaya Rp.3000,-/orang/penyeberangan. Jangan takut walau perahu kecil, jacket penyelamatnya lengkap. Ticket masuk ke Pulau Kumala Rp. 2500,-/orang. Disini, kita dapat bersantai ria dengan keluarga dengan aneka permainan yang menarik, ada gokart, ada kereta gantung, ada tower dan sebagainya.
"emmmm,,,,,,,,, pulau kecil ini sangat unik lo,,, di posisi depan terlihat patung gajah tp punya sayap,,,nah,,,simbol apakah itu???? ??? ,,,,mau tau,,,, langsung temui aja orang sekitar,,,heheheheh"

Kebun Raya Unmul Samarinda
"aku galau,,,,,,,ciyus mi apah???       ,,,galau enelan ni,,,,,,,heheheheh"
Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS) merupakan areal Hutan Pendidikan Lempake,Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman yang semula merupakan kawasan dari areal konsensi HPH CV Kayu Mahakam yang telah dieksploitasi secara tebang pilih (selective cutting). Namun sekarang telah menjadi obyek wisata yang wajib dikunjungi. Ada bermacam-macan / beranekaragam satwa dan fauna di Kebun Raya Unmul Samarinda ini.
Jam Buka : Senin – Minggu (kecuali Jumat libur) 
pukul 09.00 – 16.00 (tutup gerbang pukul 17.30)
Harga tiket masuk       : Rp 4.800
Asuransi Jasaraharja   : Rp    200

Air Terjun Tanah Merah
Air terjun Tanah Merah memiliki  ketinggian sekitar 15 meter.  Air yang putih mengalir dibalik batuan besar dan begitu air jatuh ke telaga di bawahnya terlihat warna sebenarnya yang tak bening.  Warna butek ini dikarenakan komposisi tanah yang notabene gambut diatas lahan hutan bercampur dengan air yang menyebabkan air menjadi keruh. 
Tiket masuk dewasa Rp 4.000, anak-anak Rp 2.000, sedangkan parkir motor Rp 1.000 dan roda empat Rp 2.000.
"singkat saja,,,,pernah nonton film twilight (menceritakan kisah cinta antara VAMPIR dan MANUSIA) ,,,nah air terjun ini hampir mirip seperti dalam film tu,,, tempatnya penuh keromantisan,,,,"
Pantai indah di Pulau Derawan
Wisata Indonesia memang tiada duanya. Dari Sabang sampai Merauke, banyak objek-objek wisata menarik yang kita miliki, mulai dari pantai hingga pegunungan. Berkunjung ke Kalimantan Timur, sempatkanlah untuk menginjakan kaki di Pulau Derawan. Sebuah pulau dengan pemandangan laut yang indah serta dikenal sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia.
Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, nama Pulu Derawan barangkali belum terlalu populer. Pun begitu, banyak turis asing, terutama dari jepang yang sudah mengenal keberadaan pulau eksotis ini. Tujuan utama para turis asing itu adalah untuk menikmati keindahan bawah laut dari Pulau Derawan.
Di perairan sekitar Pulau Derawan, terdapat terumbu karang yang indah dengan beraneka ikan cantik, penuh warna. Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, kita akan berjumpa dengan sebuah karang yang bernama Blue Trigger Wall. Pada karang yang memiliki panjang sekitar 18 meter ini, banyak terdapat ikan trigger. Karena itulah karang tersebut dinamakan Blue Trigger Wall.

Menyelam menikmakti keindahan laut
Pulau Derawan terlihat begitu alami. Birunya laut berpadu dengan lumut-lumut yang hijau seakan makin mempercantik wajah pulau ini. Deburan ombak laut yang jernih, sesekali mengiringi penyu-penyu jinak yang mendekat ke tepian pantai.
Meski tersembunyi, Pulau Derawan juga sudah memiliki beberapa fasilitas yang cukup memadai. Di antaranya adalah penginapan. Para turis yang ingin bermalam di pulau ini bisa menyewa salah satu penginapan yang ada.
Untuk bisa sampai ke Pulau Derawan ini, dari Balikpapan, para turis harus terbang menuju Tanjung Redeb selama sekitar 1 jam. Selain pesawat, jalur laut juga bisa dipilih. Tanjung Redeb juga bisa dicapai menggunakan perahu atau kapal dari Samarinda atau Tarakan. Dari Tanjung Redeb perjalanan dilanjutkan dengan motorboat ke Pulau Derawan selama 2 jam.
Penginapan di Pulau Derawan
 Berwisata ke Pulau Derawan dijamin akan memuaskan. Keindahan alam dan laut begitu memesona. Selamat berwisata, selamat menikmati Indonesia.

"nah,,,,itulah tadi yg bsa kami sampaikan ,,,,, so,, liburan mau kemana,,,,???????? "
untuk ingin mengetahui tempat-tempat wisata di Kalimantan Timur silahkan klik disini



0 komentar:

Posting Komentar

Riau24 - Berita

Social Networks

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu _____ Selamat datang di situs Hafara Institute. Sebuah ruang yang menyediakan materi-materi management, khususnya bagi program pasca sarjana S2 Magister Management. Dengan narasumber : Mr. Muhammad Syahrullah, SE, MM . Selamat membaca, semoga mendapatkan sesuatu yang bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungan Anda _____ Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Total Tayangan Halaman

News24xx.com

About